loading

Term of Use

Syarat dan Ketentuan Mitra/Pengguna Aplikasi Kasir Mandiri

Pengguna dalam hal ini, Mitra Aplikasi Kasir Mandiri mohon untuk memeriksa dan membaca dengan seksama syarat dan ketentuan penggunaan Aplikasi Kasir Mandiri sebelum menggunakan layanan pada aplikasi PT Kasir Mandiri Internasional. Dengan mengunduh, memasang, dan/atau menggunakan layanan yang tersedia pada Aplikasi Kasir Mandiri maka Pengguna / Mitra Kasir Mandiri dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Ketentuan penggunaan ini berlaku untuk Aplikasi Smartphone (Aplikasi Kasir Mandiri) maupun situs web (kasirmandiri.id)

Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Kasir Mandiri Internasional. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan PT Kasir Mandiri Internasional.

A. KETENTUAN UMUM

1. Aplikasi Smartphone dan Situs Web dari Kasir Mandiri dibuat dan dikelola oleh PT KASIR MANDIRI INTERNASIONAL yang merupakan Perseroan Terbatas yang didirikan berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia. PT KASIR MANDIRI INTERNASIONAL merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha Software as a Service (SaaS). Software as a Service (SaaS) merupakan sebuah perangkat lunak yang dijadikan sebagai layanan yang bersifat online. Sehingga Aplikasi Kasir Mandiri dalam penggunaannya harus terkoneksi dengan internet.

2. Aplikasi ini merupakan aplikasi perangkat lunak yang berfungsi sebagai sarana untuk mempermudah kegiatan, khususnya para pebisnis dalam mengelola sistem transaksi maupun pembukuan dalam usahanya. Aplikasi ini menawarkan informasi tentang seluruh kegiatan transaksi serta laporan setiap transaksi yang Mitra/Pengguna lakukan. Selain itu terdapat pula layanan untuk transaksi PPOB (Payment Point Online Banking)

B. KETENTUAN KHUSUS

1. Definisi

a.Akun : Sebuah nama tertentu yang diusulkan atau dibuat oleh Pengguna untuk didaftarkan dan diverifikasi kepada Kasir Mandiri sebagai identitas dari Pengguna Aplikasi Kasir Mandiri.

Mitra/Pengguna : orang perorangan, badan usaha, atau badan hukum yang berencana mendaftar dan/atau yang Akun-nya telah terdaftar dan/atau terverifikasi oleh Kasir Mandiri.

2. Ketentuan Penggunaan dan Layanan Aplikasi

a. Ketentuan Penggunaan Aplikasi Kasir Mandiri

1). Mitra Aplikasi Kasir Mandiri hanya dapat digunakan mitra/pengguna yang telah mendaftarkan diri, menyetujui Syarat dan Ketentuan ini serta telah diverifikasi sesuai kebijakan PT KASIR MANDIRI. Ketika berhasil mendaftar, PT KASIR MANDIRI akan memberikan akun untuk login dengan kata sandi/password yang sudah didaftarkan.

2).Dalam memverifikasi data, PT KASIR MANDIRI memerlukan informasi pribadi seperti Nama, alamat surat elektronik (surel / e-mail), dan nomor telepon seluler mitra/pengguna ketika mendaftar. Mitra/pengguna harus memberikan informasi yang akurat dan lengkap, serta memperbaharui informasi dan setuju untuk memberikan kepada PT Kasir Mandiri Internasional bukti identitas apapun yang PT Kasir Mandiri Internasional mintakan.

3). Mitra/pengguna tidak boleh menyerahkan atau mengalihkan Akun kepada pihak lain dengan alasan apapun. Karena setiap akun mitra/pengguna terdapat informasi data didalamnya yang bersifat rahasia, sehingga hanya mitra/pengguna yang sesuai identitas yang boleh mengakses.

4). Mitra/pengguna wajib menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi Akun dan setiap identifikasi yang PT Kasir Mandiri Internasional berikan kepada mitra/pengguna. Dalam hal terjadi pengungkapan atas kata sandi Mitra/pengguna oleh pihak lain dengan cara apapun, yang mengakibatkan setiap penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan atas Akun atau identitas Mitra/pengguna, Akun yang diterima dari penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan tersebut masih akan dianggap sebagai Akun yang sah, kecuali Mitra/Pengguna memberitahu PT Kasir Mandiri Internasional mengenai hal tersebut. PT Kasir Mandiri Internasional berhak untuk menolak, membatalkan transaksi, dan/atau menonaktifkan Akun Mitra/Pengguna apabila PT Kasir Mandiri Internasional menemukan alasan yang cukup untuk menduga bahwa Mitra/Pengguna telah mengalihkan atau membiarkan Akun Mitra/Pengguna digunakan oleh pihak lain.

5). Mohon menginformasikan kepada PT Kasir Mandiri Internasional jika Mitra/pengguna tidak lagi memiliki kontrol atas Akun Mitra/Pengguna, sebagai contoh Akun Mitra/Pengguna diretas (hack) atau telepon genggam Mitra/Pengguna dicuri, sehingga PT Kasir Mandiri Internasional dapat membatalkan Akun Mitra/Pengguna dengan sebagaimana mestinya. Mohon diperhatikan bahwa Mitra/Pengguna bertanggung jawab atas penggunaan Akun Mitra/Pengguna. Mitra/Pengguna dapat dimintakan pertanggungjawaban jika Akun Mitra/Pengguna tersebut disalahgunakan oleh orang lain/pihak lain dan tidak ada pemberitahuan penyalahgunaan tersebut kepada PT Kasir Mandiri Internasional.

6). Mitra/Pengguna hanya dapat membuka satu Akun Kasir Mandiri dalam satu perangkat. Baik yang di website maupun di Aplikasi. Apabila satu akun sudah dibuka di satu perangkat (smartphone) tidak bisa dibuka diperangkat lain (smartphone/komputer).

7). Tidak diperbolehkan untuk menggunakan Aplikasi dalam hal transaksi yang tidak wajar atau menjual beli barang yang dilarang seperti narkotika, menjual barang-barang ilegal atau berbahaya atau barang-barang curian, barang-barang yang mengandung bahan berbahaya atau beracun, obat-obatan atau material terlarang/ilegal.

8). PT KASIR MANDIRI tidak menjamin ketersediaan database barang atau jasa jika ada data yang hilang. Segala konsekuensi yang ada sepenuhnya ditanggung oleh Mitra/Pengguna.

b. Layanan Aplikasi Mandiri.

1). Pengunduhan Aplikasi bisa dilakukan di Playstore, selain itu Aplikasi Kasir Mandiri bisa diakses disitus web kasirmandiri.id. Aplikasi Kasir Mandiri bersifat berbayar atau sistem langganan, tetapi PT KASIR MANDIRI memberikan layanan Free Trial selama 14 hari.

2). Sistem Langganan Aplikasi Kasir Mandiri yang disedikan terdapat 4 jenis : Langganan tiap 1 bulan, Langganan tiap 3 bulan, Langganan tiap 6 bulan dan Langganan tiap satu tahun. Selain itu bisa menggunakan layanan free trial selama 14 hari.

3). Untuk Mitra/Pengguna yang menggunakan sistem free Trial dan sitem Langganan, Mitra/Pengguna dapat menggunakan layanan menu secara lengkap, mulai dari mengakses menu Transaksi/Kasir, mengakses laporan keuangan hingga menu PPOB.

4). Untuk Mitra/Pengguna yang sudah melewati batas sistem free trial atau masa langganan sudah expired, hanya dapat menggunakan layanan Laporan keuangan dan menu PPOB.

5). Untuk Mitra/Pengguna yang ingin menggunakan Layanan menu secara lengkap dapat memilih salah satu dari jenis Sistem Langganan dengan cara mentransfer sejumlah biaya sesuai dengan jenis Langganan yang dipilih kemudian dibayarkan melalui rekening / channel pembayaran (virtual account atau e wallet) yang sudah tersedia pada sistem Aplikasi Kasir Mandiri.

6). Mitra/Pengguna yang ingin menggunakan fasilitas PPOB, dapat mendepositkan sejumlah biaya yang diinginkan untuk melakukan kegiatan transaksi atau penjualan seperti Jual Pulsa, Jual Kuota Internet, Voucher Game, Pembayaran PLN, Pembayaran Wifi, ataupun melakukan top up e wallet. Saldo yang telah di Top Up ke dalam PPOB tidak bisa ditarik ke rekening pribadi maupun digunakan sebagai pembayaran sistem Langganan untuk memperpanjang masa aktif sistem Langganan Aplikasi Kasir. Dengan kata lain, saldo yang tertera dalam menu PPOB hanya bisa digunakan untuk transaksi PPOB. Deposit PPOB adalah sejumlah dana milik Mitra/Pengguna yang dititipkan dan dikelola oleh PT Kasir Mandiri Internasional untuk dapat melakukan transaksi atau menikmati Produk PPOB pada Aplikasi Kasir Mandiri.

7). Apabila masa aktif langganan sudah habis, maka secara otomatis sistem akan menutup menu kegiatan transaksi kasir, yang hanya bisa dibuka yaitu menu yang tersedia pada sistem yang sudah expired yaitu Laporan Keuangan dan Menu PPOB. Mitra/Pengguna dapat memperpanjang dan menikmati fasilitas secara lengkap apabila sudah membayar sejumlah biaya langganan yang dipilih.

8). Dalam pengisian Deposit PPOB, Mitra/Pengguna akan diminta untuk mengikuti instruksi pembayaran yang sudah disiapkan oleh PT KASIR MANDIRI INTERNASIONAL. Ketika Mitra/Pengguna mengikuti instruksi tersebut dan memberikan detil/informasi pembayaran, Mitra/pengguna menyetujui bahwa Mitra/pengguna melakukannya secara sadar tanpa ada paksaan dari PT Kasir Mandiri Internasional atau pihak mana pun.

9). Detil/informasi pembayaran yang Mitra/Pengguna berikan harus benar dan akurat sesuai dengan pengetahuan, informasi dan kepercayaan Mitra/Pengguna. PT Kasir Mandiri Internasional tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang terjadi jika Mitra/Pengguna memberikan detil/informasi pembayaran yang salah atau tidak benar.

10). Dalam deposit PPOB tidak ada batasan maksimum top up, tetapi ada batas minum toup yaitu Rp. 50.000 (Lima Puluh ribu Rupiah).

11). Mitra/Pengguna mewakili dan menjamin bahwa Mitra/Pengguna adalah orang yang sah dan secara utuh berhak untuk menggunakan rekening bank apa pun yang Mitra/Pengguna gunakan untuk mengisi Deposit PPOB Kasir Mandiri.

12). Mitra/Pengguna mewakili dan menjamin bahwa rekening bank yang Mitra/Pengguna gunakan untuk mengisi Deposit PPOB Kasir Mandiri memiliki dana yang cukup untuk melakukan transaksi yang diajukan.

13). Mitra/Pengguna dengan ini mengizinkan PT Kasir Mandiri untuk memegang, menerima, dan mengeluarkan dana dari Akun Kasir Mandiri Mitra/Pengguna sesuai dengan instruksi pembayaran yang PT Kasir Mandiri terima dari Mitra/Pengguna. Mitra/Pengguna dapat melihat catatan transaksi yang berkaitan dengan Deposit PPOB Kasir Mandiri Mitra/Pengguna.

14). Catatan setiap transaksi yang telah dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Kasir Mandiri dapat dilihat dan dipantau Mitra, apakah transaksi tersebut sudah sukses ataupun gagal. Apabila transaksi gagal, saldo PPOB Mitra/Pengguna tidak akan berkurang jumlahnya.

3. Cara Pendaftaran dan Proses Verifikasi

a. Mitra/Pengguna dapat membuat Akun Kasir Mandiri sebagai Toko atau Login Toko dengan melengkapi biodata/formulir yang telah disiapkan, melalui Aplikasi Kasir Mandiri atau Situs Website Kasir Mandiri (kasirmandiri.id).

b. Informasi yang Mitra/Pengguna sampaikan kepada PT Kasir Mandiri Internasional harus disampaikan dengan sebenar-benarnya. Apabila Akun Mitra/Pengguna telah terdaftar pada Aplikasi Kasir Mandiri, tetapi dikemudian hari ditemukan bahwa data atau informasi yang Mitra/Pengguna sampaikan tidak valid/tidak benar, PT Kasir Mandiri Internasional berhak mengenakan sanksi kepada Mitra/Pengguna.

c. Dalam Aplikasi berbayar ini, apabila Mitra/Pengguna memiliki beberapa cabang toko, bisa didaftarkan oleh toko pusat, kemudian memilih sistem langganan dan membayarkan biaya sesuai dengan sistem langganan yang dipilihkan untuk toko cabang. Kemudian Mitra/Pengguna dapat mendaftarkan staff atau karyawan Mitra/Pengguna yang ditunjuk sebagai kasir dengan email pribadinya melalui menu Toko supaya mendapat akses untuk login di menu Kasir.

d. Untuk Selanjutnya toko cabang dapat menambahkan jumlah staff atau karyawan secara mandiri atau dengan kata lain tidak harus toko pusat yang menambahkan staff yang ditunjuk sebagai kasir. Toko pusat dapat memantau segala kegiatan transaksi dari toko cabangnya. Toko cabang hanya bisa membuka dan melihat toko cabang tersebut.

e. PT Kasir Mandiri Internasional tidak membatasi jumlah staff atau karyawan Mitra/Pengguna yang didaftarkan sebagai Kasir untuk dapat mengakses Menu Login Kasir. PT Kasir Mandiri Internasional akan melakukan verifikasi atas setiap pendaftaran Akun staff/kasir yang akan di daftarkan melalui akun toko. Segala hal yang dilakukan oleh Akun Kasir atau staff/karyawan yang terdaftar pada Akun Mitra/Pengguna adalah sepenuhnya tanggung jawab Mitra/Pengguna.

f. Keamanan Akun

1). Kemanan dan kerahasiaan Akun Mitra/Pengguna, termasuk nama terdaftar, alamat surat elektronik terdaftar, nomor telepon genggam terdaftar, rincian transaksi, kode verifikasi yang dikirimkan oleh PT Kasir Mandiri Internasional, dan atau pihak ketiga lain sehubungan dengan transaksi merupakan tanggung jawab Mitra/Pengguna sepenuhnya.

2). PT Kasir Mandiri Internasional tidak pernah meminta password/kode OTP Mitra/Pengguna untuk alasan apapun, baik melalui sms, telepon, atau media lainnya. Mitra/Pengguna diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan password/kode OTP Mitra/Pengguna dari pihak manapun, termasuk karyawan Kasir Mandiri sekalipun. Jika password/kode OTP Mitra/Pengguna diketahui oleh pihak lain dan karenanya terjadi penyalahgunaan Akun Mitra/Pengguna, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab PT Kasir Mandiri Internasional.

3). Mitra/Pengguna dengan ini mengakui dan menyatakan bahwa Kasir Mandiri tidak bertanggung jawab atas kerugian dan/atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan Akun dan/atau kelalaian Pengguna sendiri, termasuk kelalaian dalam menjaga kerahasiaan password yang terkait dengan Akun.

4). Apabila Mitra/Pengguna membutuhkan bantuan terkait keamanan dan perlindungan Akun Mitra/Pengguna, PT Kasir Mandiri Internasional menghimbau Mitra/Pengguna untuk:

a. segera hubungi PT Kasir Mandiri Internasional di [email protected] atau nomor +62 857-5625-3747 apapun yang berkaitan dengan penggunaan secara ilegal atau tanpa izin atas Akun Mitra/Pengguna; dan

b. mengubah Password secara berkala

5). Jika Mitra/Pengguna lupa password, Mitra/Pengguna dapat menekan tombol ‘Lupa Password’. Setelah menekan tombol ‘Lupa Password’, Mitra/Pengguna akan memasukkan email yang terdaftar untuk melakukan verifikasi melalui email Mitra/Pengguna yang terdaftar di Aplikasi Kasir Mandiri.

6). Penonaktifan, Penutupan dan Pemblokiran

PT Kasir Mandiri Internasional berhak untuk menonaktifkan atau membekukan Akun Mitra/Pengguna pada Aplikasi, menonaktifkan atau memblokir atau menutup atau tidak memberikan akses ke Deposit PPOB, Seluruh Layanan di Aplikasi Kasir Mandiri, dan/atau memblokir atau tidak memberikan akses untuk melakukan semua transaksi pada Aplikasi Kasir Mandiri apabila:

a). terdapat permintaan blokir dari instansi pemerintah, kepolisian atau penegak hukum, instansi moneter yang terkait dan/atau perintah pengadilan;

b). laporan tertulis bahwa telepon genggam, tablet, komputer, dan/atau laptop Mitra/Pengguna hilang, diretas, dicuri, atau hal lain yang menyebabkan kemungkinan terjadinya penggunaan tanpa sepengetahuan dan/atau kesadaran Mitra/Pengguna sendiri;

c). terdapat indikasi transaksi/aktivitas yang mencurigakan; dan/atau

d). tindakan yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini

e). Apabila Akun Mitra/Pengguna diblokir, segera hubungi PT Kasir Mandiri Internasional dan sampaikan bukti-bukti pendukung bahwa Akun Mitra/Pengguna sedang diblokir melalui [email protected] atau nomor +62 857-5625-3747. PT Kasir Mandiri Internasional akan segera melakukan pemeriksaan dan memberikan penjelasan mengapa hal tersebut terjadi. Jika setelah meninjau bukti pendukung yang telah Mitra/Pengguna sampaikan, PT Kasir Mandiri Internasional akan menentukan apabila pemblokiran tersebut dapat dihentikan atau diteruskan.

f). PT Kasir Mandiri Internasional dapat sewaktu-waktu berhak menonaktifkan secara permanen atau sementara akses Mitra/Pengguna ke Akun atau Aplikasi / atas diskresi PT Kasir Mandiri Internasional sendiri dengan adanya suatu pemberitahuan kepada Mitra/Pengguna, dengan tidak menghilangkan kewajiban Mitra/Pengguna untuk menyelesaikan transaksi yang telah diproses, terutama apabila terdapat laporan tertulis atau adanya indikasi penipuan atau alasan kriminal lain yang telah disampaikan oleh pihak ketiga atas Akun Mitra/Pengguna tersebut.

7). Transaksi Mencurigakan

Jika PT Kasir Mandiri Internasional memiliki alasan untuk mempercayai adanya indikasi penipuan dalam aktivitas pembayaran yang terjadi atas Akun Mitra/Pengguna, PT Kasir Mandiri Internasional akan membekukan Akun Mitra/Pengguna. Mitra/Penggua akan kehilangan akses ke dalam Akun tersebut selama PT Kasir Mandiri Internasional masih melakukan proses investigasi. Kembalinya hak akses Mitra/Pengguna atas Akun Mitra/Pengguna bergantung pada hasil investigasi PT Kasir Mandiri Internasional dan/atau pihak ketiga yang PT Kasir Mandiri Internasional tunjuk.

4. Hak Kekayaan Intelektual (HAKI),

“Kasir Mandiri”, termasuk nama dan logonya serta layanan PT KASIR MANDIRI INTERNASIONAL dilindungi oleh hak cipta dan hak kekayaan intelektual yang berlaku berdasarkan hukum Republik Indonesia. PT KASIR MANDIRI INTERNASIONAL dan pemberi lisensi (sebagaimana berlaku) adalah pemilik seluruh hak dan manfaat atas nama, logo, Aplikasi dan seluruh hak kekayaan intelektual sehubungan dengannya. Setiap upaya untuk melanggar hak kekayaan intelektual yang diatur pada ketentuan ini memberikan hak kepada PT KASIR MANDIRI INTERNASIONAL untuk menyebabkan penghentian hak-hak Mitra/Pengguna berdasarkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini. Penggunaan Aplikasi tidak dapat diartikan sebagai persetujuan atau pemberian hak atau lisensi apapun kepada Mitra/Pengguna oleh Kasir Mandiri, dan setiap bagian dari Aplikasi akan tetap menjadi milik Kasir Mandiri.

5. Hukum dan Penyelesaian Perselisihan

Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia. Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan setiap perselisihan sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini secara musyawarah mufakat. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender sejak diterimanya pemberitahuan tertulis oleh salah satu Pihak dari Pihak lainnya tentang timbulnya perselisihan, maka perselisihan dimaksud akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri.

6. Hubungi PT Kasir Mandiri Internasional

Mitra/Pengguna dapat menyampaikan saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan terkait dengan Aplikasi kepada PT Kasir Mandiri Internasional pada setiap Hari Kerja pukul 08.00-21.00 WIB melalui WA +62 857-5625-3747 atau melalui [email protected]. Untuk menanggapi atau merespon saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan dari Mitra/Pengguna, PT Kasir Mandiri Internasional akan melakukan verifikasi atas informasi atau data Mitra/Pengguna. PT Kasir Mandiri Internasional berhak untuk menolak, memproses atau merespon saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Mitra/Pengguna dalam hal informasi atau data Mitra/Pengguna tidak sesuai dengan informasi atau data yang tertera di sistem PT Kasir Mandiri Internasional.

PT Kasir Mandiri Internasional akan melakukan verifikasi atas setiap saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Mitra/Pengguna dan memberikan tanggapan atau respon sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini beserta prosedur dan kebijakan internal PT Kasir Mandiri Internasional yang berlaku dari waktu ke waktu setelah memperoleh saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan yang lengkap dari Mitra/Pengguna. PT Kasir Mandiri Internasional tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan yang meliputi aplikasi Kasir Mandiri.